0

Kisah Seorang Nelayan yang Taat Beribadah

Pak Das. Begitu orang-orang memanggilnya. Beliau seorang nelayan yang tidak pernah meninggalkan sholat meskipun sedang berada di atas perahu. Ketaatannya itulah yang membuat saya kagum dengan beliau.

Sore itu saya pergi ke pelabuhan untuk mencari dan membeli ikan. Biasanya, para nelayan akan pulang, lalu bersandar di pelabuahan sebentar sebelum pulang ke rumah. Bermacam-macam jenis ikan yang dibawa lalu dijual sebagian, sisanya akan di bawa pulang. Sore itulah saya bertemu dengan beliau. Di atas perahunya yang sangat bersahaja itu, beliau duduk sambil mengikat tali perahu untuk merapat di pelabuhan yang terbuat dari kayu.

“Ada ikan, Pak?”

Beliau mengangguk. Sembari memilih beberapa ekor ikan untuk ditukar dengan rupiah. Saat itu pula saya melirik bungkusan kain di dalam keranjang beliau. Sebuah sajadah yang tergulung rapi. Dalam hati saya beristighfar mengagumi ketaatan beliau terhadap perintah Allah. Dengan iseng saya bertanya pada beliau “Pak, itu ada saya lihat sebuah sajadah dalam keranjang. Apakah itu milik Bapak?” Dia tersenyum ramah mendengar pertanyaan itu.

“Betul. Itu sajadah sengaja saya bawa untuk sholat ketika waktu zuhur dan ashar tiba. Sedangkan subuh, maghrib dan isya saya kerjakan di rumah. Sholat itu lebih utama daripada pekerjaan saya ini.” Jawab beliau.

Dalam percakapan itu saya sempat “mengorek” sedikit tentang keluarga beliau. Ternyata beliau menghidupi empat orang anaknya yang semuanya sedang duduk di bangku sekolah. Anak pertama kuliah, kedua SMA, ketiga SMP, dan yang terakhir kelas dua SD. Beliau sangat baik. Sikapnya tenang selain itu beliau juga baik. Penuh wibawa. Saya menaruh hormat kepada beliau lebih-lebih lagi beliau sangat taat beribadah. Banyak para nelayan yang saya lihat taat tapi tidak setaat beliau kepada perintah Allah.

Banyak orang yang mempunyai penghasilan tapi kurang mampu menunjukkan rasa syukur kepada Allah atas apa yang mereka miliki. Satu hal yang sangat berkesan dari perkataan beliau bahwa, sholat itu lebih utama daripada yang lain.


Biodata penulis:

Nama: Riyon Fidwar
No. Hp: 085765933589
Alamat: Jl. Simp. Malintang, Kel. Cupak Tangah, Kec. Pauh, Limau Manis, Padang, Sumatera Barat, Nomor 30 (Belakang SMP N 14 Padang).

Post a Comment

 
Top